KOMUNITAS KAMI

SELAMAT DATANG DI BLOG KOMUNITAS SEMANGAT MUDA UNTUK INDONESIA SALAM PERSAUDARAAN UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK LAGI * SELAMAT DATANG DI BLOG KOMUNITAS SEMANGAT MUDA UNTUK INDONESIA SALAM PERSAUDARAAN UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK LAGI * SELAMAT DATANG DI BLOG KOMUNITAS SEMANGAT MUDA UNTUK INDONESIA SALAM PERSAUDARAAN UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK LAGI

Friday, May 4, 2012

KONSEP KOMUNITAS SEMANGAT MUDA UNTUK INDONESIA



l  latar belakang masalah
Perekonomian Indonesia saat ini memang sedang cantik dimata dunia intenasional,dengan tingkat kenaikan ekonomi sebesar 6,5%. Selain itu Indonesia saat ini baru sajamendapatkan predikat layak investasi, namun sayang cantiknya perekonomian kita tidakberdampak positif bagi permasalahan kemiskinan di Indonesia. Badan Pusat Statistik(BPS) mencatat bahwa ada sekitar 30 juta orang miskin di Indonesia, dengan tingkatpenurunan 0,13%. Berita yang menggemparkan adalah data yang dikeluarkan oleh BankDunia, jumlah orang miskin di Indonesia berjumlah sekitar 135 juta orang bayangkanseparuh dari jumlah orang Indonesia keseluruhan sebesar 237 juta jiwa.
Pemerintah boleh saja mengklaim bahwa jumlah kemiskinan di Indonesia menurun,namun sebaliknya kenyataan berkata lain. Saat ini Indonesia masuk dalam peringkatlima besar di dunia mengenai masalah gizi buruk, dengan jumlah sekitar 900 ribupenderita gizi buruk. Selain itu diprediksi bahwa setiap 2 jam ada 1 orang ibu yangmeninggal akibat melahirkan, ini dikarenakan buruknya layanan kesehatan di Indonesiakhususnya bagi orang miskin. Itu semua baru dilihat dari segi kesehatan masyarakat,belum dari aspek pendidikan, pengangguran yang dirasa makin meningkat, sengketalahan yang melibatkan antara warga lokal dengan pengusaha.
Prof Firmanzah, Phd dekan fakultas ekonomi Universitas Indonesia mengatakan"pembangunan ekonomi itu seharusnya bersifat pembangunan manusia, menjadikanmanusia lebih manusia lagi. Program pemerintah mengenai pengentasan kemiskinandirasakan belum memiliki great impact dan direct impact bagi orang miskin di Indonesia.Lebih dari itu sesungguhnya kita juga tidak bisa menunggu pemerintah dalammenyelesaikan kemiskinan di Indonesia, harus ada peranan inisiatif di masyarakatsendiri. Tidak hanya itu saja, sepertinya sudah saatnya kita berhenti untuk membuatsuara bising dengan mengkritik pemerintah, tetapi sudah mulai harus mengambilperanan sekecil apapun itu adanya.
Kemiskinan di Indonesia dapat diselesaikan dengan cara bersama-sama, dengankata lain bersinergi dengan elemen-elemen yang ada di masyarakat. Selain itu jugabagaimana elemen-elemen tersebut juga memiliki platform bersama walaupun bergerakdalam bidang yang berbeda, sehingga sinergi itu dapat muncul di antara element-element tesebut. Kemiskinan dapat diselesaikan dengan cara menciptakan masyarakatyang inovatif dan kreatif dengan dasar mereka harus hidup sehat.

l  Dasar pemikiran
-Kesehatan masyarakat merupakan sebuah sub sistem dari pelayanan kesehatan.
-Kesehatan masyarakat merupakan modal utama untuk menjadi masyarakat yangkreatif dan produktif.
-pentingnya pengetahuan kesehatan guna menciptakan perilaku hidup sehat.
-perlunya sebuah gerakan komunitas kesehatan masyarakat yang bersinergi denganelement-element yang ada di masyarakat.
l  Tujuan
Komunitas Semut Indonesia didirikan dengan dasar sebuah keprihatinan, akankondisi riil yang ditemui di masyarakat yaitu kemiskinan. Kemiskinan merupakansebuah hal yang bersifat kompleks, dari kesehatan, pendidikan, dan perekonomian.Komunitas semut Indonesia merupakan sebuah wujud nyata kepedulian dari beberapaanak muda yang merasa perlu untuk mengambil peranan dalam sebuah perubahan.
Dengan dasar itulah maka Komunitas Semut Indonesia bertujuan untuk mengajaksemua kaum muda tanpa kecuali untuk mau bahu-membahu bersinergi, dalammencurahkan perhatian bagi sesama yang membutuhkan. Tujuan nyata adalahmemberikan pemahaman kepada masyarakat miskin untuk mau menggali potensi-potensi yang ada dimasyarakat, lalu mewujudkan secara bersama. Pada akhirnyaKomunitas Semut Indonesia bersama dengan masyarakat mampu menciptakanmasyarakat yang inovatif, kreatif dan produktif sehingga mereka tidak memilikiketergantungan terhadap orang lain dan mampu memecahkan masalahnya.

l  Sistem kerja
Komunitas Semut Indonesia mempunyai sistem kerja yang bersifat sinergi, artinyabahwa pembangunan masyarakat perlu adanya bentuk kerjasama yang kuat baik daripihak ekstenal stakeholder maupun dari pihak masyarakat yang akan didampingi.Komunitas Semut Indonesia dalam pendampingan tidak memakai metode konsep topdown melainkan konsep bottom up, dengan memakai sistem bottom up makadiharapkan Komunitas Semut Indonesia bekerja bersama dengan masyrakat bukanbekerja untuk masyarakat.
Komunitas Semut Indonesia dalam membangun masyarakat menggunakan metodepengolahan data bersama masyarakat untuk menentukan solution priority, dan membuatkonsep bersama. Tujuan dari konsep ini adalah supaya masyarakat yang didampingimerasa bahwa perkembangannya bersumber dari kekuatan dirinya, sehinggamenimbulkan kesadaran untuk terus berusaha menggali dan membangun potensinya.Konsep tersebut juga menjadikan masyarakat dampingan menjadi lebih mandiri.

l  Bentuk Sinergi
Bentuk sinergi yang diusung oleh Komunitas Semut Indonesia memiliki duabentuk. Bentuk pertama adalah pembangunan sinergi dengan setiap komunitas,corporate, NGO, dan kelompok swadaya masyarakat. Bentuk yang kedua adalahmembangun sinergi dengan membentuk kelompok kerja yang tersebar di beberapadaerah, sehingga pada nantinya akan terbentuk kalimantan Semut Indonesia, SulawesiSemut Indonesia, dan sebagainya,
Bentuk sinergi yang dibangun oleh Komunitas Semut Indonesia bersifat setara,maksudnya adalah bahwa Komunitas Semut Indonesia dalam kehadirannya tidakmenjadi sebuah kompetitor bagi institusi yang lainnya. Kehadiran Komunitas SemutIndosnesia hadir bukan semata untuk mencari sebuah popularitas, melainkan siap untuktidak menjadi populer dalam pergerakannya. Pengurus beserta dengan segenap anggotaKomunitas Semut Indonesia berkomitmen hanya fokus pada pembangunan manusiatanpa ada maksud dan tujuan lain selain bersinergi. Pembangunan kelompok kerja didaerah bertujuan untuk memeratakan semangat pemuda yang bersifat kolektif disekuruh Indonesia, sehingga dengan begitu maka pembangunan masyarakat dapatmerata.

l  Kekuatan Organisasi
Kekuatan organisasi Komunitas Semut Indonesia terletak pada komitmen bersamaantara pengurus dengan anggota Komunitas Semut Indonesia, bahwa Komunitas SemutIndonesia tidak akan pernah masuk kedalam ranah politik. Komunitas Semut Indonesiadalam pergerakannya sudah mengukuhkan diri pada tiga pilar, yaitu pendidikan,kesehatan dan ekonomi mikro.
Kekuatan yang lain adalah Komunitas Semut Indonesia bersifat terbuka, artinyasiapa pun boleh masuk untuk menjadi anggota kecuali seorang yang sudah menjadikader partai. Terbuka juga memiliki arti bahwa Komunitas Semut Indonesia dalammenjalankan programnya bersifat transparan dan akuntable. Setiap perkembanganprogram siapa pun dapat mengakses perkembangan tersebut.
Komunitas Semut Indonesia juga memiliki sifat pembeda dengan organisasikepemudaan yang lain, dan ini juga dirasa sebagai kekuatan Komunitas SemutIndonesia. Pembedanya adalah Komunitas Semut Indonesia bersifat sinergi serta hanyafokus pada bidang pengembangan masyarakat, guna meningkatkan harkat dan martabatmasyarakat yang di dampinginya. Komunitas Semut Indonesia dalam menjagasustainability keorganisasiannya, melakukan kegiatan ekonomi mikro denganmengadakan unit-unit usaha. Tujuan utama unit-unit usaha tersebut selain untuksustainability juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat disekitar KomunitasSemut Indonesia berada, sehingga dimana pun Komunitas Semut Indonesia berada dapatmembawa dampak pksitif bagi masyarakat sekitar.

l  Penutup
Dalam membangun sebuah bangsa tidaklah ditentukan seberapa kuat modal yangdimiliki, tetapi seberapa berani kita mau memulainya. Pembangunan bangsa bukanlahsekedar pembangunan ekonomi, melainkan pembangunan manusia. Komunitas SemutIndonesia mungkin bukanlah satu-satunya jawaban dalam melakukan perubahan, tetapimari jadikan Komunitas Semut Indonesia menjadi tempat untuk menjawab setiaptantangan untuk mencapai perubahan dan itu adalah tugas kita bersama. Ini aksi ku apaaksi mu?? Terima kasih.
 Kami sangat mengharapkan partisipasi teman-teman kaum muda indonesia untuk bergabung bersama kami.
SALAM PERSAUDARAAN UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK LAGI.

No comments: